Monday, October 31, 2011

Contoh naskah drama


MUTIARAKU YANG HILANG

Di Kota Batuasin, ada sebuah keluarga kecil yang terdiri dari seorang ibu yang bernama Tukiyem Tursana Tursini Tutiono atau biasa di panggil Bu Tut-i, dan seorang anak gadisnya yang bernama Tiara. 
Tiara adalah anak yang baik hati, tidak sombong, suka menolong dan suka menabung di warungnya Bu Lastri, selain itu dia juga cewe yang ndeso dan katro.  Suatu ketika :
07. Bu Tuti                   : “Tiara… Tiara… Sini nak, ada yang hendak ibu bicarakan padamu”
03. Tiara                      : “Apa itu Bu ?”
07. Bu Tuti                   : “Anu… emm… ibu mau bicara tentang ayahmu, ibu kira sudah waktunya kamu mengetahui semua tentang beliau, tapi kamu jangan bilang siapa-siapa ya, ini RAHASIA”
03. Tiara                      : “Benarkah Bu ? Sudah lama aku ingin mengetahuinya, cepat katakan yang sebenarnya Bu”
07. Bu Tuti                   : “Janji dulu, Janji titik-titik garuda!”
03. Tiara                      : “Ia bu, saya janji!”
07. Bu Tuti                   : “Jadi gini, Ayahmu itu telah meninggal waktu kamu berusia 10 bulan.  Dia meninggal karena terkena kanker otak.”
03. Tiara                      : “Apa? Astaghfirullah hal adzim.”
 Tangis Tiarapun mengakhiri percakapan mereka.  Bu Tuti mempunyai sahabat karib.  Mereka bersahabat sejak kecil. Sahabatnya itu bernama Maemunah Maesaroh Maekiti-kiti atau dipanggil Bu Ma-e.  Sayangnya nasib tidak memihak kepada Bu Tuti. Bu Ma-e menikah dengan seorang bisnisman yang kaya raya bernama Hermawan. Mereka juga memiliki satu orang anak yang diberi nama Revan. Karena terlalu dimanja, Revan memiliki perilaku yang kurang baik, tidak tahu aturan dan kasar kepada orang lain. Namun, dia sangat sayang kepada mamanya dan tidak pernah membantah perkataan mamanya sekalipun.
06. Bu Ma-e                : “dari mana kamu sayang ?” (sambil menyuguhkan segelas teh ke suaminya)
05. Revan                    : “dari rumah Diana ma”
06. Bu Ma-e                : “Udah makan ?”
05. Revan                    : “udah tadi ma.”
01. Pak Hermawan     : “kamu itu sudah besar, Kapan kamu akan menikah ?”
05. Revan                    : “Ya kapan-kapan pah.”

Suatu hari dirumah Bu Tuti.
03. Tiara                      : “Bu, kepalaku pusing lagi nih?”(mengelus-elus kepala karena sakit)
07. Bu Tuti                   : “Kamu kenapa nak? Kamu sering banget pusing kayaknya, kita ke dokter aja ya?”
03. Tiara                      : “ga tau nih Bu, kecapaian kali ya ? ya udah aku ganti pakaian dulu ya Bu.”(sambil menuju ke kamar)
Akhirnya Bu Tuti dan Tiara pergi ke dokter umum.

02. Bu Dokter              : “Nak Tiara ?”
03. Tiara                      : “Iya Bu.”
02. Bu Dokter              : “Apa yang nak Tiara rasakan?”
03. Tiara                      : “Anu bu, Anu .. saya sering banget sakit kepala bahkan kata ibu saya, saya sampai tidak sadarkan diri bu.”
02. Bu Dokter              : “ohh.. coba nak tiara tidur disana.”(saling menunjuk ke tempat tidur pasien)
Bu Dokter kemudian memeriksa Tiara.  Selang beberapa menit, Bu Dokter lalu meninggalkan Tiara dan  menghampiri Bu Tuti.
02. Bu Dokter              : “maaf, apa anda ibunya Tiara ?”
07. Bu Tuti                   : “Iya benar bu, ada apa?”
02. Bu Dokter              : “Anu… nak Tiara mengidap kanker otak stadium awal, untuk mencegah perluasan kanker, Tiara harus di operasi.”
07. Bu Tuti                   : “Astaghfirullah hal adzim, kenapa ini harus terjadi juga pada anak kami ya allah.. Kira-kira berapa biaya yang harus kami tanggung bu ?”
02. Bu Dokter              : “Ini kanker otak bu, kira-kira ya 50 juta”
07. Bu Tuti                   : “ Ya Allah, saya harus mendapatkan uang sebanyak itu dari mana?”
Tiba-tiba, Tiara menghampiri mereka berdua.
03. Tiara                      : “Ada apa ini Bu ? kok Ibu nangis ?”
07. Bu Tuti                   : “Tidak ada apa-apa nak, ayo kita pulang. Terima kasih banyak bu, ini sedikit dari kami” (menyerahkan uang).
Ketika mereka keluar dari ruangan Dokter, tiba-tiba dijalan Tiara menabrak seorang gadis bernama Diana yang sedang berjalan dengan seorang cowok. Kemudian gadis itu memarahi kepada Tiara.
04. Diana                     : “Hey! Punya telinga ga sih! Untung lo yang jatuh! Kalo gue yang jatuh gimana? Mau lo gue tuntut hah !?”
03. Tiara                      : “ya punya lah mba, kalau nda punya saya ga bisa mendengar.”
07. Bu Tuti                   : “Maafkan anak saya, dia sedang sakit, mungkin masih pusing sehingga tidak sengaja menabrak anda.”
04. Diana                     : “Trus, lo pikir gue peduli gitu? NGGA!!”(sambil menginjak dan menendang kaki Tiara)
03. Tiara                      : “gue ngga butuh kepedulian lo!”
Namun, Diana tak dengar perkataan Tiara barusan. Diana lalu menghampiri Bu Dokter di Ruangan.
04. Diana                     : “Revan, kamu tunggu sini aja yah”
05. Revan                    : “oke deh” (sambil mengacungkan ibu jarinya)
Kemudian Diana masuk.
02. Bu Dokter              : “Ehh, nak Diana, Ada apa ?”
04. Diana                     : “ini Dok, saya tadi pagi muntah-muntah, terus juga pusing. Sering buang air kecil sama ada bercak-bercak darah yang keluar, saya bilang ke mamah trus katanya suruh kesini aja”
02. Bu Dokter              : “coba nak diana berbaring dulu disana”(menunjuk tempat untuk tidur pasien)
Setelah selesai pemerkisaan.
02. Bu Dokter              : “Selamat, nak Diana akan punya seorang anak”
04. Diana                     : “Oh ya ? Oh My God.. Saya seneng banget Dok.. Makasih ya dok ! (sambil memeluk bu dokter) Eh, tapi ntar dulu, Maksudnya apa yah ?”
02. Bu Dokter              : “nak Diana ini gimana, maksudnya ya nak Diana Hamil”
04. Diana                     : “APAAAA???? Kenapa ibu bilang ‘selamat’? dodol ah!”
Diana shock berat mendengar bahwa dirinya telah hamil, padahal dia belum menikah. Tapi Dia tau bahwa ayah dari sang jabang bayi adalah Cowok yang berada diluar ruangan itu, Revan. Karenanya dia mau minta pertanggungjawaban kepada Revan.

Bu Tutipun menceritakan tentang penyakit Tiara kepada Tiara.
03. Tiara                      : “Bu, sebenarnya Tiara sakit apa?”
07. Bu Tuti                   : “Anu.. emmm…”
03. Tiara                      : “Bu ? Jawab bu ! jangan diam saja. Tiara ingin tahu yang sebenarnya.”
07. Bu Tuti                   : “Sebenarnya….”
03. Tiara                      : “Sebenarnya apa bu ?”
07. Bu Tuti                   : “Kamu terkena kanker otak seperti ayahmu nak”
03. Tiara                      : “Apa ? Yang benar bu, Jadi ini sebabnya mengapa ibu menangis saat bu dokter menyampaikan penyakit Tiara ?”
07. Bu Tuti                   : “I…Iya Sayang”
03. Tiara                      : “Astagfirullah hal adzim”
07. Bu Tuti                   : “Kamu nda usah khawatir nak, Kamu harus tetap tenang.”
03. Tiara                      : “Tenang bagaimana Bu ?”
07. Bu Tuti                   : “Kamu pasti akan sembuhnak. Ibu akan mencari uang untuk biaya operasi kamu”
03. Tiara                      : “Ibu.. Tiara sangat beruntung punya ibu seperti ibu”
07. Bu Tuti                   : “Ibu juga beruntung punya anak seperti kamu sayang”
Merekapun hanyut dalam kehampaan dan kesedihan. Keesokan harinya, Bu Tuti hendak meminjam uang ke sahabat karibnya Bu Ma-e.
07. Bu Tuti                   : “Assallamu’alaikum”
06. Bu Ma-e                : “Wa’allaikum sallam”(mereka berpelukan)
07. Bu Tuti                   : “maaf ganggu jeng, saya ada masalah nih”
06. Bu Ma-e                : “Masalah? Masalah apa jeng?”
07. Bu Tuti                   : “Anu, saya mau pinjem uang nih. Soalnya saya ada utang ma rentenir”
06. Bu Ma-e                : “Ohh, ga usah sungkan jeng, mau pinjem berapa?”
07. Bu Tuti                   : “Kalo 50juta kira-kira ada ngga?”
06. Bu Ma-e                : “Ntar, saya coba tanya dulu ke papanya Revan yah. Duduk dulu aja. Anggap aja rumah sendiri”
Bu ma-e meninggalkan bu Tuti dan menghampiri suaminya.
01. Pak Hermawan     : “Siapa mah ?”
06. Bu Ma-e                : “Tuti pah, mau pinjem uang 50 juta, papa ada ga?”
01. Pak Hermawan     : “Oh, Tuti yang Tukiyem Tursana Tursini Tutiono, sahabat mamah ?”
06. Bu Ma-e                : “Iya pah, Sahabat karib mamah dulu itu loh, yang punya anak cewe si Tiara. Anaknya baik banget loh pah”
01. Pak Hermawan     : “Iya iya papa tau. Itu di tas kayaknya ada uang 50 juta, ambil aja. Oh ya, Anaknya Tuti cewe ? Kenapa ga kita jodohin aja mah, Sama Revan, lagian kata mama kan Tiara anaknya baik ? Daripada Revan dimanfaatin cewe lain yang cuma cinta sama hartanya Revan doang ?”
06. Bu Ma-e                : “oh iya ya pah ? kenapa mama gak kepikiran ke situ yah ? Ya udah ntar mama bilang deh”
01. Pak Hermawan     : “Bilang juga mah, saya ikhlas ngasih uang itu. Ga usah di kembaliin”
06. Bu Ma-e                : “iihhh... papa baik banget deh, mama jadi makin cinta.”
Lalu Bu Ma-e kembali menemui bu Tuti.
06. Bu Ma-e                : “maaf jeng, lama banget ya ? tadi musti ngrayu-ngrayu suamiku dulu”
07. Bu Tuti                   : “halah, ga papa kok. Kaya sama siapa saja, lagian saya ditinggal disini seharian juga betah kok, hahahaha...”
06. Bu Ma-e                : “(mengernyitkan dahi) Oh ya, ini uangnya, kata papanya Revan, dia ikhlas ngasih uang ini, jadi jeng ga usah ngembaliin juga ga papa”
07. Bu Tuti                   : “hah ?? yang bener ?? syukur deh.. soalnya saya juga nda punya duit jeng..”(saking akrabnya, jadi Bu Tuti ngga usah pura-pura ga enak)
06. Bu Ma-e                : “hahaha, jeng emang slalu jujur. Anak jeng udah pantes buat nikah kan ? gimana kalo kita jodohin aja anak kita ?”
07. Bu Tuti                   : “dijodohin ? kalo saya si fine-fine aja, emang anak jeng ga bakal protes tuh ?”
06. Bu Ma-e                : “ya saya paksa dong.”
07. Bu Tuti                   : “sipsip. Ya udah, saya pulang dulu ya? Wassalamu’alaikum”
06. Bu Ma-e                : “oke deh. Wangalaikumsalam”

Di sebuah cafe di Kota Batuasin, Revan dan Diana sedang membicarakan sesuatu.
05. Revan                    : “Kamu kenapa sayang ? Apa kata Dokter ? kok sedih”
04. Diana                     : “Kamu harus tanggungjawab!”
05. Revan                    : “lho tanggung jawab kenapa ? emangnya aku ngapain kamu ?”
04. Diana                     : “Aku hamil tau !! dan itu karena kamu !”
05. Revan                    : “Apa ?? Yang bener sayang ?? Kalo gitu, kenapa kamu sedih ? Kita gugurin aja kandungan kamu?”
04. Diana                     : “Apa ??(sambil menyiramkan minuman yang ada di meja ke muka Revan) Aku gak bakal nglakuin itu !!”
Diana pun meninggalkan Revan yang basah kuyup, namun Revan menarik tangan Diana,
05. Revan                    : “Maaf sayang, aku gak tau kalo itu bikin kamu marah. Iya, aku akan tanggung jawab.”
04. Diana                     : “Beneran sayang? “
05. Revan                    : “Iya.. Udah yah, jangan sedih lagi.”
Setelah Revan mengantar Diana pulang, dia langsung pulang ke rumah, dia telah ditunggu oleh kedua orang tuanya.
01. Pak Hermawan     : “ dari mana saja kamu Revan ?”
05. Revan                    : “Cafe pah”
06. Bu Ma-e                : “Sini duduk sayang”
Revan pun duduk di sebelah mamanya.
01. Pak Hermawan     : “kerjaanmu itu main terus! Ngga pernah mikirin masa depan ! Gini, papa sudah putuskan, kalo kamu harus menikah dengan anak dari sahabat mama, namanya Tiara”
05. Revan                    : “aku dijodohin ?!!!! gak pah !! engga akan !!”(sambil marah-marah)
01. Pak Hermawan     : “kamu berani menolak perintah papa hah ?”(berdiri dan melotot ke anaknya)
05. Revan                    : “untuk kali ini iya, saya menolak!”
Pak Hermawan hendak memukul anaknya, tapi Bu Ma-e berhasil mencegahnya.
06. Bu Ma-e                : “Udah pah, yang sabar. (kemudian memandang ke arah Revan) Turuti saja apa kata papamu nak, dia tau yang terbaik untukmu.”
05. Revan                    : “Tapi mah ? aku sudah punya Diana.”
Revan tak berani bilang kalo Diana sedang hamil, karena itu akan membuat papanya sangat marah. Jadi, dia pun menuruti perkataan papanya.

            Tiara telah berhasil menjalani operasinya. Dia dan Ibunya pun mengira bahwa penyakitnya telah sembuh. Karena di paksa terus, Revan menuruti kemauan orang tuanya dan menikah dengan Tiara. Sampai beberapa hari, Revan tak pernah menyentuh Tiara sedikitpun. Revan lebih sering pergi dan pulang larut malam. Dia juga menganggap Tiara tak lebih dari seorang pembantu.
03. Tiara                      : “Maaf jika saya lancang mas.. tapi, bolehkah saya tanya ‘kenapa mas Revan tidak pernah menyentuh saya?’”
05. Revan                    : “satu yang perlu lu tau ya!! Gue ga akan pernah cinta sama lu!! Dan lu sama sekali ga pantes buat gue!! Dasar ndeso!!!”
Kemudian Revan mendorong Tiara sampai terjatuh dan pergi dengan membanting pintu. Begitulah sikap Revan ke Tiara, tak jarang Tiara disiksa, dipukuli dan benturkan kepalanya ke tembok hanya karena Tiara menanyakan sesuatu ke Revan. Tiara pun menangis, namun dia tetap bersabar disiksa seperti itu.
Revan ternyata menemui Diana di sebuah cafe.
05. Revan                    : “Aku gak betah dirumah nih”
04. Diana                     : “emang kenapa?”
05. Revan                    : “Pembantu baru dirumah nyebelin banget, protes-protes mulu, gak pernah bener lagi kalo kerja”
04. Diana                     : “ckckck.. kenapa ga di pecat aja ? pembantu kaya gitu buat apa dipertahanin ?”
05. Revan                    : “Ga tau tuh mama”
04. Diana                     : “umm, i know it bored. Just remember that i always in your side.”
05. Revan                    : “thank you honey.”
Kemudian tak sengaja papanya Revan sedang meeting di cafe itu juga, dan melihat Revan sedang berdua-duaan dengan wanita lain.
05. Revan                    : (Berdiri) “Papah.”
04. Diana                     : “Siang om”
01. Pak Hermawan     : (melirik ke diana dan tidak menghiraukannya, lalu memarahi Revan) “sedang apa kamu disini! Ayo pulang!”
05. Revan                    : “tapi pah, aku lagi ada urusan ma Diana”
01. Pak Hermawan     : (mengeluarkan sebuah amplop dan melatakannya di meja sambil memandang Diana) “Ini, kamu saya kasih uang tapi jangan dekati Revan lagi! Karena dia sudah punya istri!”
05. Revan                    : (membentak) “papa!!!!”
04. Diana                     : (sambil membuka amplop dan melihat isinya) om, apa ngga terlalu sedikit nih ? Biaya hidup di jaman sekarang tu mahal om! Apalagi saya ini cewe, pasti kebutuhan saya ini banyak dan mendesak. Ini sih belum sebanding dengan harta om yang begitu banyak. Tapi, sering-sering aja kaya gini om. Ga papa kok. Oh ya, tapi saya ga akan ngjauhin Revan.”
Kemudian Diana pun pergi meninggalkan mereka.
01. Pak Hermawan     : “Lihat itu Revan! Dasar anak ngga tau aturan! Saya tau dia kaya, tapi saya sangat malu kalau sampai punya menantu seperti dia.  Sudah, ayo pulang!!”(sambil menarik Revan)
Di Rumah, Revan pun dimarahi oleh papanya habis-habisan. Tapi dia langsung pergi ke kamar, dan didepan istrinya, dia menelpon Diana dan merayu-rayu Diana untuk memaafkan papanya. Dia juga bilang bahwa yang dikatakan papanya adalah bohong.
Esok paginya, papa dan mamanya Revan pamit akan pergi ke luar kota karena ada suatu urusan dan akan pulang sore. Revan pun berencana pergi dengan Diana. Ketika Revan sedang membaca koran di Ruang Tamu, dia meminta kepada istrinya untuk dibuatkan teh pahit.
03. Tiara                      : “Ini mas, tehnya”(sambil meletakan gelas berisi teh manis)
05. Revan                    : (mencicipinya, namun langsung menyemburkan isi mulutnya dan membanting gelas) “Kamu Tuli hah!!! (memukul Tiara) Aku bilang itu bikinin Teh pahit bukan teh manis!!(sambil membenturkan kepala Tiara ke tembok berkali-kali) T-E-H P-A-H-I-T.”
Tiba-tiba tedengar hp berdering, ternyata itu hpnya Revan. Dan yang menelpon adalah Diana.
04. Diana                     : “Halo, Sayang kamu dimana ? aku udah di depan rumah kamu nih”
05. Revan                    : “Aku ada di ruang tamu nih, kamu masuk aja. Aku mau ganti baju dulu ya.”
04. Diana                     : “oke deh” Klik.
Diana pun masuk dan melihat seorang wanita berlumuran darah. Tapi saat Diana Hendak menyentuhnya, Revan datang.
05. Revan                    : “Ayo sayang, kita pergi”
04. Diana                     : “Dia siapa ? dan kenapa ? kok banyak darah ?”
05. Revan                    : “dia pembantu baru yang aku ceritain. Tadi aku pukul dia, aku minta teh pahit malah dikasihnya teh manis, ya udah aku marah deh . Udah ayo, nanti juga dia bangun sendiri.”
04. Diana                     : “ok deh.”

Revan dan diana pun pergi tanpa menghiraukan Tiara. Tiara kehilangan banyak darah, sore hari, baru dia didapati oleh kedua orang tua Revan. Mereka langsung melarikan Tiara ke Rumah sakit. Mereka mencoba menghubungi Bu Tuti dan Revan. Bu Tuti pun langsung ke Rumah Sakit. Dan Revan yang sedang bersama Diana pun juga pergi ke Rumah Sakit bersama Diana.
01. Pak Hermawan     : “Kamu apakan dia Revan!!!” (Bu Ma-e mengelus-elus lengannya)
05. Revan                    : “Aku gak tau pah, dia terpleset mungkin.”
01. Pak Hermawan     : “Gak usah bohong kamu!! Cepet ngaku !! kamu lagi(menunjuk Diana) ngapain kamu deket sama Revan lagi hah?”
06. Bu Ma-e                : “sudah-sudah pah..”
07. Bu Tuti                   : “sebenarnya, Tiara punya penyakit. Dia mengidap kanker otak. Dan Uang yang saya pinjam dulu, adalah uang untuk operasi Diana. Bukan untuk membayar hutang”
05. Revan+06. Bu Ma-e +01. Pak hermawan : “APAAAA??”
05. Revan                    : “aku gak tau kalo dia punya penyakit. Tadi aku membenturkan kepalanya ketembok karena saya sangat marah sama dia. Saya juga menyesal telah benci sama dia”
01. Pak Hermawan     : “Kamu ini!! PLAK!(Pak hermawan menampar Revan)
Tiba-tiba Bu Dokter Pun keluar dari Ruang UGD.
02. Bu Dokter              : “Kami minta maaf, kami tidak bisa meolong nak Tiara. Dia telah di ambil yang maha kuasa”.
Semua                         : “Inalilahi wainailaihi Roji’un.”
Mereka pun langsung masuk kedalam ruang UGD dan menangisi kepergianya.
05. Revan                    : “Aku sangat menyesal dengan semua yang telah terjadi. Aku gak pernah baik sama kamu. Dan bukan kamu yang gak pantas buat aku, tapi aku yang gak pantas buat kamu. Karena kamu terlalu baik buat aku. Dan sekarang aku sadar kalau akhirnya aku mencintai kamu. Tapi kenapa di saat aku telah mulai mencintai kamu, kamu pergi meninggalkan aku!”
Diana sangat terpukul mendengar apa yang dikatakan Revan dan ternyata dia telah mempunyai seorang istri. Dia pun berlari keluar dari ruang UGD, tiba-tiba Diana terpeleset hingga pendarahan.
04. Diana                     : “AAAAARRRGGGGHHHH!!!!!!!”
05. Revan                    : “Diana!!”(menoleh kebelakang dan berlari menuju Diana)
01. Pak Hermawan     : “Revan!”
Revan langsung berlari menuju Diana dan berteriak memanggil dokter. Dokter pun datang dan memeriksa Diana.
02. Bu Dokter              : “Nak Diana sudah tak bernafas lagi, pendarahan yang dialaminya sangat parah dan dia kehilangan banyak darah”
Semua                         : “Inalilahi wainailaihi roji’un”
05. Revan                    : “Pah, Mah, Tante, maafin aku ya. Aku sadar kalau selama ini perkataan papa itu benar. Diana memang orang jahat. Aku menyesal telah mencintainya. Dan seharusnya cintaku ini aku berikan kepada Tiara yang telah sangat baik kepada aku.”
Revan sangat terpukul atas kejadian yang baru menimpanya, dia begitu menyesal selama ini telah memandang Tiara sebelah mata.
06. Bu Ma-e                : “Revan!!! Revan!!! (menangis)
Orang tua Revan pun bingung dengan sikap Revan yang tiba-tiba Aneh dan pandangannya yang kosong.  Ditanya juga diam saja. Orang tuanya pun semakin khawatir dan melarikan Revan ke Rumah Sakit Jiwa.

Demikianlah akhir cerita dari anak yang menyia-nyiakan amanah dari orang tuanya. Dan akhirnya pun berujung pada penyesalan yang tiada henti. Semoga Drama ini dapat memberikan pesan moral yang positif untuk kita. Terima Kasih.

No comments:

Post a Comment